Diberdayakan oleh Blogger.

Sistem Operasi Android N dan fitur-fiturnya Terbaru 2016

Unknown / / 0
Sistem Operasi Android N- Biasanya Google merilis sistem operasi baru pada event tahunan, Google I/O. Namun Android N yang di rilis kemarin baru versi Developer Preview nya saja. Kelak versi final akan dirilis ke produsen di sekitar September – Oktober 2016 ini.

Update pertama versi Developer preview dirilis pada 17 Maret dan software nya sudah tersedia buat pengguna Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus dan Nexus 9 LTE dan terdaftar sebagai Android Beta Program.
Android N versi Developer preview merupakan versi uji coba dari software Android N yang dikhususkan bua para developer. Jika anda terdaftar sebagai developer di Android Beta Program dan perangkat android nya memenuhi syarat, kelak akan mendapatkan update software versi ini via OTA (over the air).

sistem operasi android terbaru sistem operasi android terbaru 2016 sistem operasi android terbaru 2014 sistem operasi android terbaru yang akan launching sistem operasi android terbaru 2013 sistem operasi android terbaru 2015 download sistem operasi android terbaru jenis sistem operasi android terbaru sistem operasi android yang terbaru nama sistem operasi android terbaru urutan sistem operasi android terbaru sistem operasi android versi terbaru sistem operasi terbaru untuk android download sistem operasi android ice cream sandwich terbaru sistem operasi terbaru dari android sistem operasi android buat pc sistem operasi android dikembangkan pertama kali oleh sistem operasi android di pc sistem operasi android dikembangkan oleh sistem operasi android download sistem operasi android di laptop sistem operasi android di komputer sistem operasi android doc sistem operasi android donut sistem operasi android dikembangkan pertama kali sistem operasi android dan perkembangannya sistem operasi android nokia xl sistem operasi android rusak sistem operasi android vs windows sistem operasi android vs ios sistem operasi android versi 4.0 sistem operasi android vs windows phone sistem operasi android versi sistem operasi android versi pertama sistem operasi android v2.3 gingerbread sistem operasi android vs blackberry sistem operasi android versi 4.4


Berikut beberapa fitur baru yang kelak dibawa Android N ini, diantaranya:

Support Multi window
Dengan fitur ini, pengguna dapat menampilkan beberapa aplikasi sekaligus di layar perangkat android nya. Fitur ini dulu disiapkan untuk Android 6 Marshmallow, namun nampak nya belum sempurna menghasilkan sistem multitasking yang efisien sehingga akhirnya di hapus dari Android 6 M. Pada Android N sistem multitasking ini dimunculkan kembali dan nampakya Google telah siap dengan fitur ini. Kelak developer memiliki pilihan bagaimana cara menampilkan multi windows dengan lebih mulus dan menarik.

Dapat langsung membalas pesan dari jendela atau menu notifikasi.
Sebelumnya jika ada SMS yang masuk, kita bisa melihatnya di menu notifikasi bagian atas layar namun untuk membalasnya kita harus masuk dulu ke aplikasi SMS. Namun pada Android N pengguna bisa langsung membalas pesan tersebut melalui jendela notifikasi tanpa harus meninggalkan atau menutup aplikasi yang sedang dijalankan.


Tampilan panel notifikasi dan quick settings yang baru.
Panel notifikasi atau notifikasi bar lebih menonjol dan terdapat tombol expand untuk melihat isi notifikasi dengan leluasa sehingga langsung dapat menjawab atau merespon notifikasi tersebut. Dan notifikasi-notikasi yang muncul tersebut juga dapat diatur dan dibuat groupnya berdasarkan masing-masing jenis notifikasi sehingga area notifikasi dapat dioptimalkan.

Begitu juga dengan panel quick settings. Selama ini untuk membuka panel Quick settings pengguna harus menarik layar ke bawah sekali lagi setelah membuka menu panel notifikasi, namun pada Android N menu quick settings dapat segera dibuka dengan mengeklik tombol dropdown di paling kanan yang terdapat pada panel notifikasi. Jadi tanpa harus menarik layar ke bawah lagi.

Mode Doze yang ditingkatkan, (Doze Mode 2.0)
Menghemat pemakaian batery dengan mode Doze juga telah ditingkatkan pada Android N. Sebelumnya mode Doze hanya bekerja ketika perangkat android tidak digunakan setelah sekian lama, seperti ditinggal tidur misalnya. Namun pada Android N, mode Doze tetap bekerja agar dapat menghemat battery tanpa menunggu ketika perangkat android tidak digunakan.

Menu di antara system settings.
Menu Hamburger (ikon berupa garis horisontal lapis tiga) sekarang sudah ditempatkan dalam system settings. Misalkan pengguna sedang berada di dalam menu wifi, dengan mengeklik Menu hamburger pengguna bisa langsung masuk ke menu settings lainnya tanpa harus balik ke menu utama sistem settings.

Fitur-fitur di atas hanyalah beberapa fitur dari Android N yang tedapat pada versi uji coba yang masih dalam pengujian dan review dan tentunya akan terdapat fitur-fitur baru pada versi finalnya kelak.

Kapan Android N hadir ke pengguna?
Nanti setelah versi final nya dirilis sekitar September atau Oktober 2016. Seperti biasanya seri hp Nexus akan mendapat update duluan. Sedangkan untuk merk lain harus menunggu beberapa bulan lagi tergantung dari keja keras developer produk yang anda gunakan dalam mepersiapkan firmware Android N bagi produknya. 

Unknown


Jangan pernah takut dengan perubahan. Kita mungkin akan kehilangan sesuatu yang baik, namun sebagai gantinya, sesuatu yang jauh lebih baik akan datang menjemput kita.
Follow me @Genggamandroid

0 komentar:

Advertise

Bank Online

Cara daftar OKpay

Apa itu Okpay?  Okpay adalah payment processor yang biasa di gunakan untuk transaksi online seperti halnya Payza, Paypal, Solidtrustpay, E...

Blog Archive